Bilangan Cacah

  • Bilangan Cacah adalah bilangan yang terdiri dari semua bilangan Asli (bilangan bulat positif) dan unsur elemen 0 (nol) yang disajikan dalam bentuk garis bilangan seperti berikut :
Garis Bilangan
  • Operasi pada bilangan Cacah
  • Operasi penjumlahan dan sifatnya

Operasi penjumlahan bilangan Cacah memiliki sifat-sifat

  1. Sifat tertutup ; “Jika a dan b adalah bilangan-bilangan cacah, maka hanya terdapat satu bilangan cacah yang dinyatakan dengan a+b”. Sebagai contoh : 2 + 3 = 5 . Perhatikanlah bahwa 2 dan 3 adalah elemen bilangan cacah dan 5 juga elemen bilangan cacah, jadi operasi penjumlahan memberikan solusi tertutup pada bilangan cacah dan hanya satu yang dapat memenuhi jawaban dari operasi tersebut.
  2. Sifat komutatif ; “Jika a dan b adalah bilangan-bilangan cacah, maka berlaku a + b = b + a”. Sebagai contoh 2 + 3 = 3 + 2
  3. Sifat asosiatif ; “Jika a, b, dan c adalah bilangan-bilangan cacah, maka akan berlaku (a + b) + c = a + (b + c) “. Artinya berlaku pengelompokan bilangan dalam operasi tersebut dengan tujuan untuk memudahkan operasinya. Sebagai contoh : Hitunglah 25 + 11 + 4 ; maka dahulukan operasi jumlah yang lebih mudah yaitu 25 + (11 + 4) = 25 + 15 = 40, apakah boleh menjumlahkan dulu yang lain ? jawabannya boleh saja, tetapi itu yang lebih mudah.
  4. Unsur Identitas ; yaitu suatu elemen biangan cacah didalam operasi penjumlahan yang tidak menghasilkan bilangan yang lain elemen tersebut adalah 0 (nol), bilangan berapapun jika ditambah 0 (nol) tidak akan bertambah. sebagai contoh : 125 + 0 = 125 ; nol adalah unsur identitas dalam operasi penjumlahan.
|