Kombinasi

Misalkan terdapat empat huruf berbeda yaitu A, B, C, dan D akan dibuat penanda kendaraan yang diparkir didepan sebuah toko, penanda tersebut terdiri dari dua huruf berbeda. Pasangan huruf berbeda dapat disusun sebagai berikut :

huruf pertama huruf kedua susunan huruf

B AB
A C AC
D AD

C BC
B D BD
A BA

D CD
C A CA
B CB

A DA
D B DB
C DC

Yang dicetak tebal adalah pasangan huruf yang disusun dua dari empat huruf yang tersedia, banyaknya pasangan berbeda dari huruf tersebut adalah 6.
12 = 4 x 3 dibagi 2 , yaitu ada 4 kelompok pemasangan, setiap kelompok ada 3 pasangan huruf berbeda. Apabila sistem perkalian tersebut dinyatakan dengan faktorial adalah {4*3*2*1}/{2(4~-~2)!} = {4!}/{2(4~-~2)!} dimana 4 = banyaknya huruf yaitu A, B, C, dan D sedangkan 2 = susunan terdiri dari dua huruf yang dibuat dari huruf yang disediakan.
Susunan k unsur berbeda dari n unsur berbeda yang tersedia dengan tanpa memperhatikan urutannya disebut Kombinasi

ditulis dengan notasi (lambang) C(n,k)~=~{n!}/{k(n~-~k)!}
Susunan huruf AB dan BA, CD dan DC, dan lainnya dianggap susunan sama meskipun unsur yang disusunnya berbeda tempat, dalam Permutasi AB~<>~BA~,~AC~<>~CA~,~AD~<>~DA~” title=”AB~<>~BA~,~AC~<>~CA~,~AD~<>~DA~”/>,  dst.<br />
maka dalam kombinasi bentuk tersebut dianggap sama. sebagai contoh pada permainan bulu tangkis, pasangan ganda YUDI + SARDI tidak dianggap berbeda dengan pasangan SARDI + YUDI karena orangnya itu-itu juga hanya menyebutnya saja yang berbeda.</p>
	</div><!-- .entry-content -->

	<footer class=